Berita, blog

Kegiatan Pembekalan Prakerin Tahun 2018/2019

Smk Raden Umar Said melaksanakan kegiatan pembekalan praktek kerja industri (Prakerin).Pembekalan ini diadakan pada semester IV disetiap tahunnya,yang bertujuan antara lain,untuk memberikan gambaran tentang dunia industri dan memberikan sarana yang terbaik untuk kesiapan siswa terjun ke dunia kerja.

Pembekalan prakerin ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XI,Karena agenda prakerin yang dilaksanakan selama 2 hari memuat materi yang sangat diperlukan oleh siswa ketika berada di industri,materi tersebut sebagai berikut:

a).Di hari pertama siswa dibekali dengan melatih kedisiplinan,tanggung jawab,dan juga pekerjaan yang bernuansa islami.Menanamkan sifat disiplin adalah hal yang penting dilakukan terutama dalam hal pekerjaan .Karena bisa melatih diri kita sendiri untuk menumbuhkan rasa kepedulian kita terhadap sesama,disiplin waktu juga harus ditanamkan mulai sajak dini .Agar kita terbiasa menaati peraturan yang telah ditentukan sekolah ,perusahaan,negara,dan Allah SWT.

Tidak kalah penting dari disiplin,sifat tanggung jawab juga harus harus dimiliki siswa.Karena tanggung jawab juga harus dimiliki siswa.Karena tanggung jawab adalah bentuk sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya baik terhadap diri sendiri ,masyarakat,lingkungan alam,lingkungan sosial budaya,negara,dan Allah SWT.

Pekerjaan bernuansa islami yaitu,sebagai sikap kepribadian yang melahirkan keyakinan yang sangat mendalam bahwa bekerja itu bukan saja untuk memuliakan dirinya,menampakkan kemanusiaanya,melainkan juga termasuk manifestasi dari amal sholeh.Sehingga bekerjs ysng di terapkan pada prinsip-prinsip iman bukan saja menunjukkan fitrah seorang muslim,melainkan sebagai hamba Allah yang menjadikan dirinya sebagai manusia yang amanah,sosok orang yang dipercaya,dan juga sifat pengabdiannya kepada Allah dalam firmannya.

b). Di hari kedua siswa dibekali dengan etos kerja dan materi K3(kesehatan ,dan keselamatan kerja).
Maksut dari etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau sesuatu kelompok. Sikap etos kerja tidak hanya dimiliki oleh individu saja, melainkan dimiliki oleh kelompok ataupun masyarakat.

K3 atau kesehatan dan kesejahteraan kerja adalah melindungi keselamatan dan kesehatan para pekerjanya, melalui upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang ada dilingkungan tempat kerjanya.

Sesuai Undang-Undang No 1. Tahun 1970 tentang keselamatan kerja yaitu antara lain:
1) Melindungi dan menjamin keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja.
2) Menjamin setiap sember produksi dapat digunakan secara aman dan efisien.
3) Meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas nasional.

Author Since: Feb 28, 2019

Related Post